Faktor Pengambilan Keputusan Pelanggan Pria dalam Melanjutkan Pemesanan Driver Ojek Online Wanita

Main Article Content

Hazrati Marha
Eka Danta Jaya Ginting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal serta pengaruhnya kepada pengambilan keputusan pelanggan pria dalam melanjutkan pemesanan driver ojek online wanita. Driver ojek online wanita lebih banyak menerima pembatalan pemesanan dibandingkan driver pria. Pembatalan pemesanan biasanya dilakukan oleh pelanggan pria. Namun tidak sedikit juga pelanggan pria yang tetap melanjutkan pemesanan dengan driver ojek online wanita. Beberapa pelanggan pria yang memutuskan untuk tetap melanjutkan pemesanan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus jenis multiple-case. Penelitian ini melibatkan tiga orang pelanggan pria yang pernah melanjutkan pemesanan terhadap driver ojek online wanita. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan faktor-faktor internal yang mempengaruhi adalah persepsi, pembelajaran dan memori, sikap, dan motivasi. Sedangkan faktoreksternal yang mempengaruhi adalah budaya, agama, keluarga, dan situasi. Pengaruh setiap faktor terhadap setiap pelanggan pria berbeda-beda. Faktor yang


dirasakan sama oleh Subjek I, II, dan III adalah faktor situasi mengenai kelengkapan atribut driver.

Article Details

Section
Articles