REGULASI DIRI DAN KECENDERUNGAN ADIKSI INSTAGRAM PADA MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM DI UNIVERSITAS X

Main Article Content

Anidiah Paramesti
Ayu Purnamasari
Amalya Juniarly

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dan kecenderungan adiksi Instagram pada mahasiswa pengguna Instagram di Universitas Sriwijaya. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada hubungan antara regulasi diri dengan kecenderungan adiksi Instagram di Universitas X.


Subjek penelitian adalah 160 mahasiswa Universitas X yang aktif menggunakan Instagram setiap hari dan menghabiskan waktu 5 jam hingga lebih dalam sehari. Kecenderungan adiksi Instagram diukur dengan skala baku Test for Instagram Addiction (TIA) yang dibuat oleh D'Souza, Samyukta, dan Bivera (2019) dan regulasi diri dukur dengan skala baku The Self-Regulation Questionnaire (SRQ) yang dibuat oleh Brown, Miller, & Lawendowski (1999). Hasil data penelitian dianalisis dengan menggunakan metode korelasi Spearman.


Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan ada hubungan antara regulasi diri dan kecenderungan adiksi Instagram pada mahasiswa pengguna Instagram di Universitas X dengan nilai r = -0,460, dan p = 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa regulasi diri memiliki hubungan yang sedang, negatif, dan signifikan dengan kecenderungan adiksi Instagram. Dengan demikian hipotesis penelitian yang diajukan dapat diterima.


Kata Kunci: Regulasi diri, Kecenderungan Adiksi Instagram


 

ABSTRACT


This research aims to know the relationship between self-regulation and tendency of Instagram addiction in Instagram users at X University. This hypothesis was there is relationship between. Self-regulation and tendency of Instagram addiction in Instagram users at X University.


The subject was 160 X University student who actively using Instagram every day and spend 5 hours to more for a day. Tendency of Instagram addiction was measured by Test for Instagram Addiction (TIA) scale from D'Souza, Samyukta, dan Bivera (2019) and self-regulation measured by Self-Regulation Questionnaire (SRQ) from Brown, Miller, & Lawendowski (1999). Data analysis using simple correlation Spearman analysis.


The result of the correlation Spearman showed that there is relationship between self-regulation and tendency of Instagram addiction in Instagram users at X University with value of r = -0,460, and p = 0,000 (p<0,05). It shows that self-regulation has moderate, negative, and significant relationship with tendency of Instagram addiction. Thus the hypothesis in this research was accepted.


Keyword: Self-regulation, Tendency of Instagram addiction

Article Details

Section
Articles