Dilema Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) : Regulasi Emosi dan Kelelahan Emosional Ibu Yang Bekerja Sekaligus Mendampingi Anak Belajar

Main Article Content

Iqbal Prasetyo
Ayu Purnamasari

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dan kelelahan emosional pada populasi ibu pekerja dengan anak yang sedang menjalani proses pembelajaran jarak jauh (PJJ), jumlah total subjek penelitian sebanyak 258 responden, dimana 58 orang responden digunakan sebagai sampel uji coba skala. Teknik pengambilan sampel memakai accidental sampling dan diambil menggunakan alat skala psikologis yang mengacu pada teori regulasi emosi milik Gratz dan Roemer, (2004) serta teori kelelahan emosional milik Maslach dan Leiter, (2016), lalu setelahnya dilakukan analisis menggunakan teknik korelasi pearson product moment. Analisis korelasi menghasilkan nilai p = 0,000 dan r = 0,894 yang menunjukkan bahwa regulasi emosi dan kelelahan emosional memiliki hubungan positif yang signifikan dan oleh karena itu, hipotesis yang peneliti buat diterima.

Article Details

Section
Articles